Menimbang Untung Rugi Menggunakan Paylater Bagi Warga Desa - Pasar Online-e Wong Tegalharjo | Pasardesaku

pasardesaku.com

Artikel Info off@Baca
Menimbang Untung Rugi Menggunakan Paylater Bagi Warga Desa

Menimbang Untung Rugi Menggunakan Paylater Bagi Warga Desa

Artikel Info off@Baca
Pejelasan singkat:
Artikel ini membahas tentang Untung Rugi Menggunakan Paylater Bagi Warga Desa

Deskripsi Produk dan Jasa

 






Pasardesaku.com - Dengan berkembangnya teknologi semua serba menjadi digital, demikian juga dunia keuangan bayar membayar. Bapak ibu pembaca yang budiman pasti sudah kenal dengan sistem pembayaran "Mendreng" yaitu membeli barang dengan cara dicicil dalam jangka waktu tertentu sehingga terasa ringan walau sebenarnya secara harga umumnya lebih mahal daripada beli "Kenceng" atau cash.

Sekarang, istilah untuk mendreng menjadi Paylater yang secara harfiah artinya beli sekarang bayarnya nanti adalah salah satu jenis pembiayaan jangka pendek yang memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian dan membayarnya di kemudian hari. Biasanya metode pembayaran Paylater ini ditawarkan oleh toko online, tentu saja tujuannya agar orang tergoda segera membeli walau uangnya belum cukup dan tentu saja bagi toko online akan menambah penjualan.


Namun walau penuh dengan kemudahan, menggunakan paylater juga perlu kebijaksanaan karena bersama kemudahan tersebut tersimpan untung dan rugi yang poerlu diperhatikan. Apa saja? berikut Untung Rugi Menggunakan Paylater Bagi Warga Desa.

Keuntungan menggunakan sistem pembayaran Paylater:

1. Untuk kebutuhan mendesak, Paylater bisa jadi solusi karena bisa membeli barang saat diperlukan namun bisa dibayar secara mencicil.


2. Peluang mendapatkan harga diskon, biasanya toko online menawarkan diskon yang luamayan jika pembeli menggunakan metode pembayaran paylater. Akan tetapi promo seperti ini hanya berlaku sementara untuk menarik pembeli.


3. Tidak berbunga, banyak paylater yang menawarkan promo cicilan tanpa bunga hal ini bisa dimanfaatkan.


4. Tidak perlu kartu kredit, dahulu pembelian barang dengan cicilan harus dengan kartu kredit yang selain ribet dan tidak semua orang punya juga bungan besar, dengan paylater bisa belanja bayar nanti tanpa kartu kredit.


Kerugian menggunakan sistem pembayaran Paylater:


1. Berpotensi jadi pribadi yang konsumtif, karena merasa mudah dalam membeli barang tanpa harus membayar seketika itu juga, menggunakan paylater akan mendorong prilaku konsumtif dan tidak baik untuk keuangan.


2. Potensi masalah keuangan karena banyak berhutang, akan lebih berbahaya jika sudah terlena dengan tidak seimbangnya antara pendapatn yang diperoleh dengan pengeluaran cicilan yang harus dibayar.


3. Bunga berbunga yang membengkak, walau banyak yang promosi paylater tanpa bunga, namun jika masa promosi sudah usai maka akan tiba masanya cicilan paylater bakal ada bunganya. Sistem ini juga biasanya akan dikenai denda jika telat membayar yang akan berpotensi membuat hutang semakin besar dan berakibat bermasalah dengan keuangan.


4. Potensi rekam jejak BI Checking buruk, seperti yang kita tahu saat ini peran BI Checking sangat penting baik bagi yang mau mengajikan pinjaman bank maupun yang hendak melamar kerja. BI Checking adalah pengecekan terhadapat seseorang tentang riwayat peminjaman keuangan yang pernah dilakukan dan bagaimana ketertibannya dalam membayar, bagi mereka yang sering menggunakan paylater atau pinjol dan sering telat akan tercatat sebagai buruk di BI Checking, oleh karena itu sebelum menggunakan paylater pikirkan matang-matang dan siapkan kemampuan disiplin dalam membayar tagihan.



Demikian tadi bapak ibu pembaca yang budiman artikel kita kali ini tentang Menimbang Untung Rugi Menggunakan Paylater Bagi Warga Desa, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Kang Mad


Silahkan Tinggalkan Komentar: