please disable adblock and active javasript to acess this page...
Anda akan dialihkan ke halaman belanja pasardesaku.com dalam 60 detik, jika anda tidak dialihkan otomatis atau anda ingin langsung menuju halaman belanja untuk mulai belanja sekarang silahkan klik DISINI
BLANTERWISDOM101

Gerakan 4000 jogangan pemicu 4 kemakmuran masyarakat desa

Rabu, 22 Juli 2020



Pengelolaan sampah Mandiri menjadi solusi nyata, murah dan berkelanjutan dalam menangani sampah. Kunci keberhasilan pengelolaan sampah mandiri adalah masyarakat, maka pemerintah desa Caturharjo, BUMdesa Catur Mandiri, pak dukuh dan pak RT serta semua pihak bersama-sama untuk turut peduli terhadap permasalahan sampah yang kelak akan datang di kemudian hari. Kemudian dilakukan FGD dengan seluruh pemangku kepentingan di desa dengan didampingi aktivis persampahan dari resikplus tercetuslah GERAKAN 4000 JOGANGAN.

Jogangan, sebuah langkah yang mudah, teknologi murah dan sudah teruji sejak jaman simbah-simbah dulu untuk digunakan mengolah semua jenis sampah organik, “seko lemah bali nang lemah” (dari tanah kembali ke tanah). Sedangkan "seko pabrik bali pabrik" (dari pabrik bali pabrik) yaitu jenis sampah kemasan laku jual akan dikumpulkan menjadi tabungan di bank sampah di tiap RT, dan jenis Residu akan dibuang ke TPA pemerintah. Dimana dalam pengelolaan lanjutannya ini menjadi tugasnya unit usaha pengelolaan sampah BUMDesa Catur Mandiri yaitu GRM (Gasik Resik Mandiri). Dengan adanya gerakan 4000 jugangan dan diharapkan paling tidak 85% sampah rumah tangga dapat teratasi sehingga beban anggaran pemerintah dalam pengelolaan sampah menjadi lebih ringan.

Gerakan 4000 jogangan untuk 4 kemakmuran. loh kog bisa? Artinya dengan terbuatnya 4000 jogangan oleh warga diharapkan dapat memicu 4 kemakmuran antara lain :
1. waregi lemahe
2. waregi tandurane
3. waregi kewane ternake
4. waregi wargane

Jogangan fungsinya sama dengan komposter yang dapat menyuburkan tanah pekarangan kita (waregi lemahe). Tanah yang subur membuat tanduran (tanaman) juga subur dan sehat tanpa memerlukan tambahan pupuk (waregi tandurane). Tanaman subur dan sehat menjadi sumber pakan ternak yang sehat dan melimpah (waregi kewane ternak). Setelah tanah subur, tanaman subur, kewan ternak sehat dan subur, maka otomatis manfaat 4000 jogangan akan kembali ke manusianya yang sejahtera (waregi wargane).


Mari bersama sama kita dukung GERAKAN MASYARAKAT 4000 JOGANGAN.

#Seko lemah bali lemah, seko pabrik bali pabrik
#Olah sampah,cara simbah
#Dukung Bantul Bebas Sampah 2020


Penulis. dimas satrio wibowo / tegallayang 10, caturharjo, pandak, bantul
Share This :

0 komentar